Smart Thermostat


Apakah Smart Thermostat Itu?

 Beberapa tahun yang lalu, Seth Frader-Thompson mengendarai mobil Prius (mobil hybrid). mobil ini mempunyai layar kecil di dasbor yang akan memberitahu kita seberapa banyak bahan bakar yang kita gunakan dalam satu Km secara langsung selama kita mengemudi. Terlintas di dalam fikiran Seth bahwa rumah juga harus memiliki barang yang serupa. Lalu ia membuat sebuah perangkat dengan sebuah layar yang bisa terhubung ke dalam peralatan masak dan listrik sehingga kita bisa mengetahui seberapa banyak jumlah gas dan listrik yang kita gunakan dan berapa biayanya. Benda ini juga bisa menyalakan dan mematikan peralatan dan juga menaikkan dan menurunkan temperatur di dalam rumah anda, sehingga anda bisa mengendalikan energi langsung dari pusatnya. Saat ini, EnergyHub diujicobakan bersamaan dengan peralatan-peralatan dan akan dipasarkan pada awal 2010.

Ini Videonya. Silakan di nikmati Gan..



Adakah Dampak dari Kehadiran Smart Thermostat?

Dampak Positif dari Smart Thermostat :
  1. Biaya untuk penggunaan listrik dan gas bisa diperhatikan dan dikendalikan.
  2. Mampu membantu mengurangi dampak pemanasan global.
  3. Pengeditan program yang sederhana.
  4. Bisa mengedit tanda bahaya dan layanan pengingat.
  5. Terdapat layanan untuk mengatur liburan.
  6. Mampu secara langsung melaporkan bagaimana sistem HVAC anda bekerja.
  7. Menampilkan program yang and buat untuk sehari atau seminggu dalam satu layar.
  8. Mampu menampilkan beberapa thermostat dalam satu web.
  9. Tidak ada biaya tahunan.
Kelebihan di atas sudah termasuk pemprogaman Smart Thermostat kedalam koneksi internet, sehingga anda mampu memakai Smart Thermostat dimana pun anda berada asalkan ada koneksi internet di dalamnya. Aplikasi ini memperoleh penghargaan "winning green technology company". oleh karena itu Ecobee baru saja merilis Iphone dan Ipod touch aplikasi untuk Ecobee Smart Thermostat. Aplikasi baru dan gratis ini membedakan ecobee Smart Thermostat dari thermostat lain yang beredar dipasaran. Sekarang pemilik Smart Thermostat dapat menggunakan iPhone atau iPod touch sebagai remote mengatur termostat suhu, atau memperbarui jadwal acara liburan, mengubah sistem dan / atau kipas pengaturan operasi dan menerima peringatan. Aplikasi ini mengubah layar perangkat ke tiruan dari Smart Thermostat ecobee antarmuka. Pengguna dapat menyesuaikan iklim rumah mereka, kapan saja dari mana saja untuk memastikan kenyamanan rumah mereka. Aplikasi ini tersedia di Itunes Store.



Dampak Negatif dari Smart Thermostat :
  1. karena penggunaan alat dan sistem ini menyerupai penggunaan remot pada ac-tv ataupun semacamnya membuat orang/khalayak menjadi sangat tergantung pada alat ini.
Kehadiran aplikasi Smart Thermostat kedalam Iphone dan Ipod Touch menyebabkan perubahan di beberapa aspek kehidupan. Saat ini saya mengambil tiga aspek komunikasi yang berubah yang disebabkan oleh kehadiran Aplikasi ini.
  • Interactivity.
          Dengan kehadiran Alat dan aplikasi ini, hubungan atau interaksi yang terjadi adalah antara manusia dan alat, dengan segala macam kemudahan yang diberikan oleh aplikasi ini manusia menjadi akan menjadi ketergantungan dengan alat ini. Dengan keunggulannya, seperti ketepatan dalam penghitungan pemakaian listrik, dan bahan bakar fosil dapat membantu mengurangi dampak pemanasan global. atau penggunaan aplikasi ini sebagai remote AC. Menghadirkan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi para konsumennya.
  • Demassified.
          Tingkat kenyamanan  konsumen menjadi sangat terjamin dengan kehadiran aplikasi ini, khususnya aplikasi yang terdapat di Iphone dan di Ipod Touch. Konsumen bisa saja menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kehendak dan kebutuhannya. Namun, penggunaan aplikasi yang terdapat di Ipod touch dan Iphone masih dibatasi oleh ketersediaan Iphone itu sendiri di tangan konsumen. Konsumen dapat menggunakan aplikasi ini sebagai remote, saat melakukan apa saja, kapan saja, dan dari mana saja untuk memastikan kenyamanan rumah mereka.
  • Asynchronous.
          Adanya ketidakserempakan saat penggunaan alat ini, karena masing-masing konsumen memiliki perbedaan kebutuhan saat penggunaan alat ini.

 Penutup 

Keberhasilan teknologi ini mendapatkan award "winning green technology company" membuat kita yakin dan percaya bahwa teknologi ini dapat membantu manusia untuk mengurangi dampak dari Global Warmming. Keberhasilan alat ini juga dibantu oleh pemakaian yang bijak dari para konsumen yang menggunakan alat maupun aplikasi ini. (M.I).





7 komentar:

rizki meylisa malau mengatakan...

nice article

Vanesa Dea Roso mengatakan...

- very useful information and technology
- must have item for solving the global warming issue :D

winaherwina mengatakan...

wah menarik sekali. tadinya kirain cuma bisa buat bahan bakar kendaraan ternyata bisa buat peralatan rumah tangga.
sangat praktis dan berguna.

SAWOT mengatakan...

Wow..another green technology for human..nice!..

fluorine mengatakan...

wahh bagus juga nih!

babi air mengatakan...

setiap teknologi ada dampak positif dan negatifnya ya

Ultimate Revenge of Anantama Putra mengatakan...

betul setiap teknologi ada dampak positif dan negatifnya, cuman ya mungkin aja sebagai alternatif dari pembaharuan teknologi yg sudah ada. dan yg pasti teknologi itu tujuannya memudahkan bukan.

Posting Komentar